Soal Penilaian Sumatif Akhir Semester PSAS Kelas 9 Semester 1 Tahun 2023

 

Latihan Soal dan Pembahasan Soal Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Semester PSAS Kelas 9 Semester 1 Tahun 2023 Tahun Pelajaran 2023-2024


Latihan Soal dan Pembahasan Soal Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Semester PSAS Kelas 9 Semester 1 Tahun 2023 Tahun Pelajaran 2023-2024

Latihan Soal dan Pembahasan Soal Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Semester PSAS Kelas 9 Semester 1 Tahun 2023 Tahun Pelajaran 2023-2024 Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013Penilaian pendidikan adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untukmenentukan pencapaian hasil belajar peserta didik. Berdasarkan pada PP. Nomor 19 tahun 2005tentang Standar Nasional Pendidikan bahwa penilaian pendidikan pada jenjang pendidikan dasardan menengah terdiri atas: a) Penilaian hasil belajar oleh pendidik; b) Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan; c) Penilaian hasil belajar oleh Pemerintah.


Setiap satuan pendidikan selain melakukan perencanaan dan proses pembelajaran, jugamelakukan penilaian hasil pembelajaran sebagai upaya terlaksananya proses pembelajaran yangefektif dan efisien.Dalam rangka penilaian hasil belajar (rapor) pada semester satu penilaian dapat dilakukanmelalui ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, dan dilengkapidengan tugas-tugas lain seperti pekerjaan rumah (PR), proyek, pengamatan dan produk. Hasil pengolahan dan analisis nilai tersebut digunakan untuk mengisi nilai rapor semester satu.Pada semester dua penilaian dilakukan melalui ulangan harian, ulangan tengahsemester, ulangan kenaikan kelas dan dilengkapi dengan tugas-tugas lain seperti PR, proyek, pengamatan dan produk. Hasil pengolahan dan analisis nilai tersebut digunakan untuk mengisinilai rapor pada semester dua.


Tujuan dan Fungsi Penilaian Hasil Belajar seperti PenialianAkhir Semester (PAS), antara lain untuk menilai pencapaian kompetensi peserta didik; memperbaiki proses pembelajaran, sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan belajar siswa. Selain tujuan PenialianSumatif  Akhir Semester (PSAS), juga untuk mengetahui kemajuan dan hasil belajar siswa; mendiagnosis kesulitan belajar; memberikan umpan balik/perbaikan proses belajar mengajar; sebagai bahan penentuan kenaikan kelas; serta memotivasi belajar siswa dengan cara mengenal dan memahami diri dan merangsang untukmelakukan usaha perbaikan.


Fungsi Penilaian Hasil Belajar seperti Penialian Sumatif Akhir Semester (PSAS) adalah sebagai berikut: bahan pertimbangan dalam menentukan kenaikan kelas; umpan balik dalam perbaikan proses belajar mengajar; Meningkatkan motivasi belajar siswa.d. Evaluasi diri terhadap kinerja siswa.


PenialianAkhir Semester (PAS) adalah Ulangan atau ujian yang dilakukan untuk meng­ukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester genap. Cakupan penilaian meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan semua KD pada semester tersebut.


Setelah siswa Soal dan Pembahasan Soal Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Semester PSAS Kelas 9 Semester 1 Tahun 2023 Tahun Pelajaran 2023-2024 selanjutnya hasilnya diolah dan dianalisis untuk menge­tahui ketuntasan belajar peserta didik. Hasil Ulangan Akhir Semester (UAS) ini digabung dengan hasil ulangan harian, tengah semester dan penilaian sikap termasuk kehadiran dan kedisiplinan dapat dimanfaatkan untuk pengisian rapor dan pelaksanaan program remedial atau pengayaan


Selain Ulangan Akhir Semester (UAS), dikenal juga istilah Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) yakni ulangan atau ujian yang dilakukan oleh pendidik di akhir semester genap untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik pada akhir semester genap. Cakupan penilaian meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan KD pada semester genap saja, atau dapat merepresentasi­kan KD dalam kurun waktu satu tahun pelajaran (mencakup KD pada semester 1 dan semester 2).


Hasil Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) seperti halnya hasil UAS selanjutnya diolah dan dianalisis untuk mengetahui ketuntasan belajar peserta didik. Hasil penilaian ini dapat dimanfaatkan untuk program remedial, pengayaan, dan pengisian rapor.


Sebentar lagi Adik-Adik akan menghadapi Pelaksanaan Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Semester PSAS Kelas 9 Semester 1 Tahun 2023 Tahun Pelajaran 2023-2024. Agar adik-adik SMP khususnya Kelas 9 dapat nilai baik dalam Ulangan / Penilaian Akhir Semester (PAS) semester 1 atau Ganjil kelas 9 SMP/MTS sebaiknya banyak belajar dan berlatih. Untuk Sekedar Latihan, berikut ini beberapa Link Download Kumpulan Soal Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Semester (PSAS) SMP/MTS Kelas 9 Semester 1 (Ganjil) Kurikulum 2013 dan KTSP yang mudah-mudahan bisa membantu


Kumpulan Link download Soal Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Semester (PSAS) SMP/MTS kelas 9 Semester 1 (Ganjil) Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka tentunya hanya sebagai latihan untuk menghadapi Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Semester (PSAS) yang sebentar lagi kan dilaksanakan.


Kumpulan Latihan Soal dan Pembahasan Soal Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Semester PSAS KURIKULUM MERDEKA Kelas 9 Semester 1 Tahun 2023 Tahun Pelajaran 2023-2024


Berikut ini link Latihan Soal ASAS (Asesmen Sumatif Akhir Semester) Kelas 9 SMP MTS Kurikulum Merdeka (Kumer) Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2023/2024

 

Link download Latihan Soal ASAS Bahasa Indonesia Kelas 9 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024

Link download Latihan Soal ASAS Bahasa Inggris Kelas 9 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024

Link download Latihan Soal ASAS Informatika Kelas 9 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024

Link download Latihan Soal ASAS IPA Kelas 9 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024

Link download Latihan Soal ASAS IPS Kelas 9 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024

Link download Latihan Soal ASAS Matematika Kelas 9 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024

Link download Latihan Soal ASAS PAI BP Kelas 9 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024

Link download Latihan Soal ASAS Pendidikan Seni Kelas 9 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024

Link download Latihan Soal ASAS Pendidikan Pancasila Kelas 9 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024

Link download Latihan Soal ASAS PJOK - Penjaskes Kelas 9 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024

Link download Latihan Soal ASAS Prakarya Kelas 9 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024

Link download Latihan Soal ASAS BTQ Kelas 9 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024


Kumpulan Latihan Soal dan Pembahasan Soal Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Semester PSAS KURIKULUM 2013 Kelas 9 Semester 1 Tahun 2023 Tahun Pelajaran 2023-2024

 

Bagi Adik-adik yang berminat memiliki dan mempelajari contoh Soal dan Pembahasan Soal Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Semester PSAS Kelas 9 Semester 1 Tahun 2023 Tahun Pelajaran 2023-2024 Kurikulum 2013 (K13 - Kurtilas) silahkan unduh Arsip / Bank Soal Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Semester (PSAS) SMP Kelas 9 Semester 1 (gasal/ganjil) Kurikulum 2013 (Kurtilas) melalui tautan dibawah ini.

 

Soal dan Kunci Jawaban Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Semester (PSAS) Bahasa Indonesia SMP Kelas 9 Semester Ganjil Kurikulum 2013 (K13-Kurtilas)

Soal dan Kunci Jawaban Soal Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Semester (PSAS) IPA SMP Kelas 9 Semester Ganjil Kurikulum2013 (K13-Kurtilas)

Soal dan Kunci Jawaban Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Semester (PSAS) IPS SMP Kelas 9 Semester Ganjil Kurikulum 2013 (K13-Kurtilas)

Soal dan Kunci Jawaban Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Semester (PSAS) Matematika SMP Kelas 9 Semester Ganjil Kurikulum 2013 (K13-Kurtilas)

Soal dan Kunci Jawaban Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Semester (PSAS) PAI SMP Kelas 9 Semester Ganjil Kurikulum 2013 (K13-Kurtilas)

Soal dan Kunci Jawaban Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Semester (PSAS) PKn SMP Kelas 9 Semester Ganjil Kurikulum 2013 (K13-Kurtilas)

Soal dan Kunci Jawaban Soal Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Semester (PSAS) Prakarya SMP Kelas 9 SemesterGanjil Kurikulum 2013 (K13-Kurtilas)

Soal dan Kunci Jawaban Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Semester (PSAS) Bahasa Inggris SMP Kelas 9 Semester Ganjil Kurikulum 2013 (K13-Kurtilas)

Soal dan Kunci Jawaban Soal Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Semester (PSAS) Seni Budaya SMP Kelas 9 Semester Ganjil Kurikulum 2013 (K13-Kurtilas)

Soal dan Kunci Jawaban Soal Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Semester (PSAS) Penjaskes SMP Kelas 9 Semester Ganjil Kurikulum 2013 (K13-Kurtilas)

 

Demikian info Link download Kumpulan Soal dan Pembahasan Soal Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Semester PSAS Kelas 9 Semester 1 Tahun 2023 Tahun Pelajaran 2023-2024. Semoga Kumpulan Latihan Soal dan Pembahasan Soal UAS atau PAS kelas 9 Semester 1 Tahun 2023 tahun pelajaran 2023/2024 ini dapat membantu adik yang akan belajar




= Baca Juga =



4 Comments

  1. Terima kasih atas informasinya. Ngetes blog ya.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih telah berbagi berbagai informasi yang sangat bermanfaat bagi kami. Salam sehat dan semoga selalu dalam kesuksesan

    ReplyDelete
  3. Mantap bang sekarang blognya sudah berubah ya dari Personal Blog ke Professional Blog. Karena menurut saya Personal blog biasanya berisi cerita mengenai pengalaman, pemikiran, atau ide-ide dari si penulis. Blog jenis ini umumnya dibuat sebagai online diary atau tempat diskusi para penulis dengan pembacanya. Namun saat ini sepertinya sudah menjadi Professional Blog. Ya karena postingnya sudah berbeda dengan personal blog yang isinya merupakan konten yang bebas, professional blog memiliki konten yang lebih informatif dan juga edukatif. Selain itu, blog anda sepertinya ditujukan untuk tujuan profesional yang menghasilkan uang. Saya melihat tidak sedikit perusahaan yang bekerja sama dengan penulis blog jenis ini untuk mempromosikan produknya ya melalui adsense.

    ReplyDelete
  4. Terima kasih telah menginspirasi dan telah menjadi sosok yang banyak membantu melalui tulisan-tulisan yang ada pada blog ini. Anda telah membantu membuat pelajaran menjadi menyenangkan, memberikan banyak wawasan yang dapat membantu kami dalam menggapai cita-cita. .Doakan kami yang sedang belajar agar dapat menjadi generasi yang cerdas di masa-masa yang akan datang

    ReplyDelete
Post a Comment
Previous Post Next Post