PERMENDIKBUD NOMOR 18 TAHUN 2016 TENTANG PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH BAGI SISWA BARU

Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016

Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 Tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru, diterbitkan dengan pertimbangan: a) pengenalan lingkungan sekolah harus dilakukan untuk mendukung proses pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional; b) pelaksanaan pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru perlu  dilakukan  kegiatan yang bersifat  edukatif dan kreatif  untuk mewujudkan sekolah sebagai taman belajar yang menyenangkan; c) implementasi Permendikbud Nomor 55 Tahun 2014 tentang Masa  Orientasi Siswa Baru di Sekolah belum dapat secara optimal mencegah terjadinya  perpeloncoan dalam pelaksanaan pengenalan lingkungan sekolah sehingga perlu dicabut.

Status Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 Tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru merupakan Peraturan Menteri (Permendikbud) baru yang mengganti/mencabut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 55 Tahun 2014 tentang Masa Orientasi Siswa Baru di Sekolah.

Apa Isi Pokok Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 Tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru ? Dalam  Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016  ini,  terdapat  beberapa  hal  yang  diatur  sebagai berikut:
1.  Pengenalan lingkungan sekolah meliputi:
a.  Kegiatan wajib; dan 
b.  Kegiatan pilihan.
2. Pengenalan lingkungan sekolah bagi  siswa baru dilaksanakan dalam jangka waktu paling lama 3 (tiga) hari pada minggu pertama awal tahun pelajaran dan dilaksanakan hanya pada hari sekolah dan jam pelajaran.
3. Kepala sekolah bertanggung jawab penuh atas perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam pengenalan lingkungan sekolah.

Selengkapnya silahkan download dan baca Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 Tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru. Inti dari Permendikbud ini adalah sebagai Petunjuk Teknis (Juknis) Pelaksanaan Kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi siswa baru. 


Demikian Informasi terkait Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 Tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru. Semoga ada manfaatnya, terima kasih


EDY MARSONO

Saya blogger dan sangat senang berbagi informasi

*

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post