Buku Pedoman Perubahan Budaya Kerja Kementerian Kesehatan

Download Buku Pedoman Perubahan Budaya Kerja Kementerian Kesehatan


Download Buku Pedoman Perubahan Budaya Kerja Kementerian Kesehatan. Buku ini berisi visi, strategi, pendekatan, dan rencana kerja internalisasi perubahan budaya kerja sebagai bagian dari pilar 7 yaitu Transformasi Internal Kementerian Kesehatan. Buku ini disusun agar seluruh elemen Kemenkes mengetahui, memahami dan turut berpartisipasi dalam pelaksanaan Program Perubahan Budaya Kerja. Buku ini disusun menggunakan metodologi Change Management Model, yang dikembangkan oleh Dr. John P. Kotter dari the Harvard Business School. Panduan ini dibagi dalam 8 tahapan sesuai dengan Kotter’s 8 Step Model.

 

Secara keseluruhan, buku ini membahas elemen-elemen penting dalam mencapai tujuan T ransformasi Internal Kemenkes untuk mendukung transformasi kesehatan nasional. Pendekatan buku ini berdasarkan teori-teori dan praktik-praktik terbaik yang sudah mapan, serta memasukkan referensi terbaru dalam manajemen perubahan.

 

Buku Pedoman Perubahan Budaya Kerja Kementerian Kesehatan ini juga memperkenalkan Execution Tools khusus untuk Kemenkes dengan mengadopsi pendekatan terkini dan efektif yang digunakan oleh organisasi sukses, menggunakan tools seperti 4DX dan Pemetaan Proses Bisnis yang dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan dan kondisi khusus K emenkes. Pembentukan strategi manajemen perubahan dalam buku ini berbasis akademik dengan merekonstruksi teori pertukaran sosial, teori perubahan perilaku perubahan, dan teori komunikasi. Arah perubahan yang dijelaskan dalam buku ini diupayakan selaras dengan tuntutan transformasi kesehatan nasional, dengan tujuan akhir memperkuat enam pilar transformasi.

 

Pada sambutan menteri kesehatan dalam Buku Pedoman Perubahan Budaya Kerja Kementerian Kesehatan disampaikan bahwa Enam Pilar Transformasi Kesehatan yang dilaksanakan oleh Kementerian Kesehatan sejak tahun 2021 telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Untuk mendukung pelaksanaan 6 pilar transformasi kesehatan perlu dilakukan Transformasi Internal. Kementerian Kesehatan membentuk Internal Transformation Office yang tugas utamanya adalah melakukan perubahan budaya kerja agar pelaksanaan transformasi kesehatan dapat dilakukan secara berkesinambungan.


Bersama-sama, kita akan melanjutkan perjalanan ini menuju organisasi Kemenkes yang lebih efisien, inovatif, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

 

Buku Pedoman Perubahan Budaya Kerja Kementerian Kesehatan ini menjadi panduan yang sangat berharga dalam akselerasi transformasi ini. Saya minta, agar visi, pendekatan dan rencana kerja yang tertuang dalam buku ini dilaksanakan dengan sepenuh hati. Pada akhirnya, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua yang terlibat dalam upaya ini. Bersama-sama, kita akan melanjutkan perjalanan ini menuju organisasi Kemenkes yang lebih efisien, inovatif, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

 

Link download Buku Pedoman Perubahan BudayaKerja Kementerian Kesehatan (disini)

 

Demikian informasi tentang Link download Buku Pedoman Perubahan Budaya Kerja Kementerian Kesehatan. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.



= Baca Juga =


*

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post