Download Buku Tuntunan Manasik Haji Dan Umrah Bagi Lansia Edisi 2023

Tuntunan Manasik Haji Dan Umrah Bagi Lansia Edisi 2023


Kementerian Agama menerbitkan Buku Tuntunan Manasik Haji Dan Umrah Bagi Lansia Edisi 2023. Berikut ini kata sambutan menag dalam pengantar Buku Tuntunan Manasik Haji Dan Umrah Bagi Lansia Edisi 2023

 

Dengan memanjatkan puji syukur ke hadirat Allah WAT, Menag menyambut balk atas terbitnya buku Paket Manasik Haji dan Umrah edisi 1444 H/2023 M yang akan digunakan sebagai panduan bagi jemaah haji Indonesia untuk melaksanakan ibadah haji dan umrah.

 

Buku Paket Manasik Haji ini terdiri atas 3 (tiga) buku, yaitu Buku Tuntunan Manasik Haji dan Umrah, Doa dan Dzikir Manasik Haji dan Umrah, dan Buku Tuntunan Manasik Haji dan Umrah bagi Lansia. Berbeda dengan tahun sebelumnya, penyelenggaraan ibadah haji tahun 1 444H/2023M mengusung tema penyelenggaraan haji yang berkeadilan dan ramah Lansia, maka buku paket manasik haji kali ini memasukan Manasik Haji bagi Lansia. Hal ini menunjukan perhatian khusus pemerintah dan bentuk penghormatan kepada jemaah haji lansia yang perlu mendapatkan prioritas layanan termasuk layanan manasik haji. Ketiganya merupakan satu kesatuan yang saling melengkapi dan dapat digunakan oleh jemaah haji sesuai dengan kebutuhannya.

 

Buku Tuntunan Manasik Haji Dan Umrah Bagi Lansia Edisi 2023 ini diharapkan dapat membantu setiap jemaah haji meningkatkan pengetahuan dan pemahamannya tentang ibadah haji serta menjadi tuntunan bagi setiap jemaah haji ketika akan berangkat ke tanah suci, tiba di bandara kedatangan Arab Saudi, di Makkah, Masyair dan Madinah serta ketika akan pulang kembali menuju tanah.


Kehadiran Buku Tuntunan Manasik Haji Dan Umrah Bagi Lansia Edisi 2023 ini merupakan upaya pemerintah mengantarkan jemaah haji dapat melaksanakan ibadahnya sesuai dengan ketentuan syariah, memahami urutan pelaksanaan perjalanan ibadah haji, dan menjadikan jemaah haji yang mandiri serta tidak bergantung kepada pihak lain.

 

Setiap tahun, Pemerintah Republik Indonesia memberangkatkan jemaah haji ke Tanah Suci dalam jumlah besar, bahkan terbesar di antara negara-negara pengirim jemaah haji di dunia. Profil jemaah haji Indonesia juga sangat beragam mulai dari latar belakang social budaya, pendidikan, usia, pengalaman termasuk tingkat pemahaman dan pengetahuan tentang manasik haji, sehingga dibutuhkan materi-materi manasik yang komprehensif, kontekstual, orisinil, mudah dipelajari dan dilaksanakan serta memberikan panduan solusi terhadap permasalahan-permasalahan haji yang sering terjadi.


Buku Tuntunan Manasik Haji Dan Umrah Bagi Lansia Edisi 2023

 

Di samping itu, pendapat atau hukum manasik yang dipakai merujuk kepada sumber-sumber yang terpercaya dan pendekatannya mengedapankan nisi kemudahan dan moderasi beragama dalam berpendapat. Sebingga hal tersebut dapat membantu dan memudahkan jemaah haji Indonesia yang umumnya didominasi jemaah haji risiko tinggi, lanjut usia dan perempuan dalam pelaksanaan ibadah hajinya, serta memberikan ruang buat Para jemaah haji penyandang disabilitas.

 

Menag berharap buku Paket Manasik Haji dan Umrah yang telah disempumakan ini bermanfaat. Selamat menunaikan ibadah haji kepada seluruh jemaah 110 Indonesia, semoga meraih predikat haji mabrur yang terwujud dalam perilaku kehidupan sehari-hari, yakni semakin mengalami peningkatan dan perbaikan dalam segala hal, ditandai dengan memiliki rasa kepedulian sosial yang tinggi dan membawa misi kedamaian bagi sesama umat manusia di muka bumi.

 

Link download Download Buku Tuntunan Manasik Haji Dan Umrah Bagi Lansia Edisi 2023 DISINI

 

Demikian informasi tentang Link Download Buku Tuntunan Manasik Haji Dan Umrah Bagi Lansia Edisi 2023. Semoga ada manfaatnya.


= Baca Juga =


*

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post