Latihan Soal Asesmen Sumatif Akhir Jenjang SD Tahun 2024

Latihan Soal Asesmen Penilaian Sumatif Akhir Jenjang SD Tahun 2024



Latihan Soal Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Jenjang SD Tahun 2023 Tahun Pelajaran 2023/2024. Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Permendikbudristek Nomor 21 Tahun 2022 Tentang Standar Penilaian Pendidikan Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah, yang dimaksud asesmen atau penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengetahui kebutuhan belajar dan capaian perkembangan atau hasil belajar peserta didik.

 

Asesmen atau penilaian hasil belajar peserta didik dilakukan sesuai dengan tujuan penilaian secara berkeadilan, objektif, dan edukatif. Asesmen atau Penilaian hasil belajar secara berkeadilan merupakan Penilaian yang tidak bias oleh latar belakang, identitas, atau kebutuhan khusus Peserta Didik. Asesmen atau Penilaian hasil belajar secara objektif merupakan Penilaian yang didasarkan pada informasi faktual atas pencapaian perkembangan atau hasil belajar Peserta Didik. Sedangkan asesmen atan Penilaian hasil belajar secara edukatif merupakan Penilaian yang hasilnya digunakan sebagai umpan balik bagi Pendidik, Peserta Didik, dan orang tua untuk meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar.

 

Prosedur Asesmen atau penilaian hasil belajar Peserta Didik meliputi: perumusan tujuan Penilaian, pemilihan dan/atau pengembangan instrumen Penilaian, pelaksanaan Penilaian, pengolahan hasil Penilaian, dan pelaporan hasil Penilaian. Prosedur Asesmen atau penilaian hasil belajar disesuaikan dengan karakteristik jalur, jenjang, dan jenis Satuan Pendidikan.

 

Sebelum Anda membaca Latihan Soal Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Jenjang SD Tahun 2024 Tahun Pelajaran 2023/2024. Perlu diketahui bahwa kegiatan asesmen pembelajaran di madrasah meliputi; 1) Asesmen formatif yaitu asesmen/penilaian yang dilakukan untuk melihat perkembangan dan kemajuan keberhasilan proses pembelajaran; 2) Asesmen sumatif yaitu asesmen/penilaian hasil belajar untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik. Asesmen sumatif dapat dilakukan pada akhir pembelaran dalam kurun waktu tertentu, semester dan/atau pada akhir jenjang pendidikan. Asemen sumatif yang dilakukan pada akhir jenjang pendidikan madrasah disebut Asesmen Madrasah (AM). Asesmen Madrasah adalah asesmen sumatif yang diselenggarakan pada akhir jenjang pendidikan madrasah untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik sesuai Standar Kompetensi Lulusan yang telah ditetapkan.


Pelaksanaan Asesmen atau Penilaian dapat dilakukan sebelum, pada saat, dan/atau setelah pembelajaran. Pengolahan hasil Asesmen/Penilaian dilakukan dengan menganalisis secara kuantitatif dan/atau kualitatif terhadap data hasil pelaksanaan Penilaian yang berupa angka dan/atau deskripsi. Sedangkan Pelaporan hasil Asesmen atau Penilaian dituangkan dalam bentuk laporan kemajuan belajar. Laporan kemajuan belajar berupa laporan hasil belajar yang disusun berdasarkan pengolahan hasil Penilaian. Laporan hasil belajar paling sedikit memuat informasi mengenai pencapaian hasil belajar Peserta Didik. Selain memuat informasi tersebut, laporan hasil belajar untuk pendidikan anak usia dini juga memuat informasi mengenai pertumbuhan dan perkembangan anak. Laporan hasil belajar tertuang dalam rapor atau bentuk laporan hasil Penilaian lainnya.

 

Asesmen atau penilaian hasil belajar Peserta Didik dilaksanakan dalam bentuk asesmen atau penilaian formatif dan asesmen atau penilaian sumatif. Asesmen atau Penilaian formatif dilaksanakan pada pendidikan anak usia dini, jenjang pendidikan dasar, dan jenjang pendidikan menengah. Asesmen atau Penilaian formatif bertujuan untuk memantau dan memperbaiki proses pembelajaran serta mengevaluasi pencapaian tujuan pembelajaran. Asesmen atau Penilaian formatif dilakukan dengan mengumpulkan informasi mengenai: a) Peserta Didik yang mengalami hambatan atau kesulitan belajar; dan b) perkembangan belajar Peserta Didik.

 

Hasil asesmen digunakan sebagai umpan balik bagi: Peserta Didik untuk mengembangkan kemampuan dalam memonitor proses dan kemajuan belajar sebagai bagian dari keterampilan belajar sepanjang hayat; dan bagi Pendidik untuk merefleksikan dan meningkatkan efektivitas pembelajaran.

 

Asesmen atau Penilaian sumatif pada jenjang pendidikan dasar dan jenjang pendidikan menengah bertujuan untuk menilai pencapaian hasil belajar Peserta Didik sebagai dasar penentuan: kenaikan kelas; dan kelulusan dari Satuan Pendidikan. Asesmen atau penilaian pencapaian hasil belajar Peserta Didik dilakukan dengan membandingkan pencapaian hasil belajar Peserta Didik dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran.

 

Penentuan kenaikan kelas dilakukan dengan mempertimbangkan laporan kemajuan belajar yang mencerminkan pencapaian Peserta Didik pada semua mata pelajaran dan ekstrakurikuler serta prestasi lain selama 1 (satu) tahun ajaran. Sedangkan Penentuan kelulusan dari Satuan Pendidikan dilakukan dengan mempertimbangkan laporan kemajuan belajar yang mencerminkan pencapaian Peserta Didik pada semua mata pelajaran dan ekstrakurikuler serta prestasi lain pada: a) kelas V dan kelas VI untuk sekolah dasar atau bentuk lain yang sederajat; dan b) setiap tingkatan kelas untuk sekolah menengah pertama atau bentuk lain yang sederajat dan sekolah menengah atas atau bentuk lain yang sederajat.

 

Sebagaimana diketahui dalam rangka meningkatkan kualitas penyelenggaraan Asesmen Madrasah (AM), Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia telah menyusun dan menetapkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 901 Tahun 2024 tentang Standar Operasional Prosedur Penyelenggaraan Asesmen Madrasah Tahun Pelajaran 2023/2024

 

Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Jenjang meliputi seluruh mata pelajaran yang diajarkan pada kelas akhir pada satuan pendidikan, baik kelompok mata pelajaran wajib maupun muatan lokal. Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Jenjang diikuti oleh peserta didik pada akhir jenjang pendidikan pada SD SMP SMA dan SMK sebagai salah satu persyaratan untuk penentuan kelulusan. Hal tersebut menegaskan bahwa pemerintah memberi wewenang penuh kepada satuan pendidikan untuk menyelenggarakan asesmen pada akhir jenjang pendidikan untuk mengukur pencapaian standar kompetensi lulusan bagi peserta didiknya.

 

Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Jenjang bertujuan untuk mengetahui pencapaian hasil belajar peserta didik pada akhir jenjang pendidikan sesuai standar kompetensi lulusan (SKL) yang telah ditetapkan. Fungsi Asesmen Madrasah adalah a) Mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik; b) Umpan balik untuk perbaikan pembelajaran pada madrasah; c) Salah satu syarat penentuan kelulusan

 

Pada prinsipnya bentuk Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Jenjang pada jenjang SD SMP SMA SMK dapat berupa: a) tes tertulis, b) praktik, c) portofolio, d) penugasan, dan/atau e) bentuk lain yang ditetapkan oleh sekolah/madrasah. Sekolah/Madrasah dapat memilih salah satu atau gabungan beberapa bentuk asesmen sesuai dengan karakteristik kompetensi yang akan diukur. Sekolah menyusun instrumen asesmen mata pelajaran umum mengacu pada Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Kurikulum 13 Pada Pendidikan Dasar dan Menengah. 

 

Kisi-kisi Latihan Soal Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Jenjang SD disusun oleh guru kelas dan/atau guru mata pelajaran yang ditetapkan oleh kepala madrasah Kisi-kisi Soal Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Jenjang SD disusun berdasarkan kriteria pencapaian kompetensi lulusan, standar isi, dan lingkup materi pada kurikulum yang berlaku.


Untuk Anda yang akan mengikuti Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Jenjang di tahun 2024 ini ada baiknya untuk membaca Latihan Soal Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Jenjang SD Tahun 2024 Tahun Pelajaran 2023/2024 dan Kunci Jawaban. Latihan soal ini tentunya hanya untuk menambah wawasan Anda serta memtangkan persiapan menuju pelaksanaan Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Jenjang tahun pelajaran 2023/2024. Berikut link download

 

Latihan Soal Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Jenjang SD PAI SMP Tahun 2024 (DISINI)

Latihan Soal Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Jenjang SD Bahasa Indonesia MI Tahun 2024 (DISINI)

Latihan Soal Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Jenjang SD Matematika MI Tahun 2024 (DISINI)

Latihan Soal Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Jenjang SD IPS MI Tahun 2024 (DISINI)

Latihan Soal Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Jenjang SD IPA MI Tahun 2024 (DISINI)

Latihan Soal Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Jenjang SD PPKn MI Tahun 2024 (DISINI)

Latihan Soal Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Jenjang SD Penjas ORKES MI Tahun 2024 (DISINI)

Latihan Soal Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Jenjang SD Seni Budaya dan Prakaya MI Tahun 2024 (DISINI)


Berikut ini Link Soal dan Pembahasan Ujian Sekolah US UM SD MI Tahun 2024, semoga bermanfaat dan dapat membantu persiapan pelaksanaan US dan UM.   

SLatihan Soal Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Jenjang SD BAHASA INDONESIA SD TAHUN 2024 (DISINI)

Latihan Soal Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Jenjang SD MATEMATIKA SD TAHUN 2024 (DISINI)

Latihan Soal Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Jenjang SD IPA SD TAHUN 2024 (DISINI)

Latihan Soal Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Jenjang SD US MATEMATIKA SD (MI) Tahun 2024 (disini)

Latihan Soal Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Jenjang SD US IPA SD (MI) Tahun 2024 (disini)

Latihan Soal Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Jenjang SD Bahasa Indonesia SD (MI) Tahun 2024 (disini)

Latihan Soal Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Jenjang SD SBK SD MI TAHUN 2024 (disini)

Latihan Soal Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Jenjang SD PENJASKES SD MI TAHUN 2024 (disini)

Latihan Soal Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Jenjang SD BAHASA INDONESIA SD MI TAHUN 2024 (disini)

Latihan Soal Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Jenjang SD IPA SD MI TAHUN 2024 (disini)

Latihan Soal Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Jenjang SD MATEMATIKA SD MI TAHUN 2024 (disini)

Latihan Soal Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Jenjang SD BAHASA INDONESIA SD MI TAHUN 2024 (disini)

Latihan Soal Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Jenjang SD IPA SD MI TAHUN 2024 (disini)

Latihan Soal Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Jenjang SD MATEMATIKA SD MI TAHUN 2024 (disini)

Latihan Soal Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Jenjang SD IPS SD MI TAHUN 2024 (disini)

Latihan Soal Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Jenjang SD PAI SD MI TAHUN 2024 (disini)

Latihan Soal Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Jenjang SD PPKN (PKn) SD MI TAHUN 2024 (disini)

Latihan Soal Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Jenjang SD MATEMATIKA SD MI TAHUN 2024 (disini)

Latihan Soal Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Jenjang SD MAPEL MATEMATIKA SD MI TAHUN 2024 (disini)

Latihan Soal Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Jenjang SDS IPA SD MI TAHUN 2024 (disini)

 

Demikian informasi tentang Latihan Soal Asesmen/Penilaian Sumatif Akhir Jenjang SD Tahun 2024 Tahun Pelajaran 2023/2024 dan Kunci Jawaban atau Pembahasan. Semoga ada manfaatnya.



= Baca Juga =


*

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post