LATIHAN SOAL PTS KELAS 4 SD SEMESTER 2 (GENAP) TAHUN 2022-2023

Latihan Soal PTS UTS Kelas 4 SD Semester 2 (Genap) Kurikulum 2013 Tahun 2022-2023


Latihan Soal PTS UTS Kelas 4 SD Semester 2 (Genap) Kurikulum 2013 Tahun 2022-2023. Sekolah merupakan lembaga pendidikan, sudah tidak asing lagi untuk melakukan evaluasi selama pembelajaran berlangsung. Evaluasi dapat dilakukan setelah menyelesaiakan satu kompetensi dasar atau lebih. Evaluasi di sekolah dikenal dengan istilah UH (Ulangan Harian), UTS (Ulangan Tengah Semester) istilahnya Penilaian Tengah Semester (PTS), kemudian ada Penilaian Akhir Semester (PAS) saat semester ganjil, sedangkan ketika semester genap istilahnya disebut Ujian Kenaikan Kelas (UKK), Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), dan Ujian Nasional Berbasisi Komputer (UNBK).

 

Ulangan Tengah Semester atau biasa disingkat UTS yang sekarang di istilahkan PTS (Penilaian Tengah Semester) adalah kegiatan yang dilakukan oleh guru untuk mengukur pencapaian siswa setelah melaksanakan  kegiatan pembelajaran selama setengah semester atau sekitar 8 minggu.  Berdasarkan kalender akademik biasanya seluruh sekolah melaksakan PTS atau UTS. Pelaksanaan PTS atau UTS tersebut wajib diikuti oleh seluruhsiswa.

 

Maksud dan tujuan diadakannya UTS atau PTS diantaranya yaitu : Mengukur kemajuan belajar siswa setelah setengah semester, Mengukur pencapaian kompetensi siswa setelah proses pembeljaran selama setengah semester, Menentukan nilai hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran beberapa KD (Kompetensi Dasar), Melakukan perbaikan pembelajaran pada setengah semester berikutnya.

 

Setelah selesai melaksanakan kegiatan Penilaian Tengah Semester (PTS)  atau Ujian Tengah Semester (UTS), wali kelas biasanya akan membagikan raport sementara yang nilainya diambil dari hasil Ulangan Harian (UH), Ujian Praktik apabila ada dan Ulangan Tengah Semester (UTS), dimana nantinya akan digunakan untuk mengetahui kemajuan siswa secara individual sehingga para guru dapat memberikan perhatian lebih bagi siswa yang mengalami kemunduran dalam proses belajar. Bagi siswa yang belum mencapai kompetensi harus mengikuti remedial supaya nilai minimum tercapai. Selain itu, agar para guru mendapatkan feedback dari siswa atas proses pendidikan yang telah dilaksanakan sehingga para guru memiliki referensi yang akurat atas kemampuan siswa dalam proses belajar.

 

Sebelum Admin membagikan Latihan Soal PTS UTS Kelas 4 SD Semester 2 (Genap) Kurikulum 2013 Tahun 2022-2023, berikut ini beberapa tips agar kamu dapat memperoleh nilai baik saat pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS) .

 

1) Belajar Bareng Teman

Buat kamu yang tidak suka belajar sendirian, tips menghadapi ujian semester yang satu ini patut kamu coba. Belajar bareng teman bisa membuat belajar jadi lebih menyenangkan. Enggak cuma itu, kamu dan temanmu juga bisa saling membantu memahami materi ujian. Kamu bisa berdiskusi konsep materi pelajaran sehingga mendapatkan banyak sudut pandang baru dalam memahami konsep tersebut.

Selain bareng teman, kamu juga bisa belajar ditemani anggota keluarga kamu, seperti kakak atau orang tua. Belajar bersama keluarga bisa membantu kamu lebih memahami materi, sekaligus mempererat hubungan antaranggota keluarga.

 

2) Kurangi Aktivitas Bermain

Siapa nih di antara kamu yang masih banyak waktu bermain daripada belajarnya? Menjelang Penilaian Tengah Semester, sebisa mungkin untuk mulai mengurangi aktivitas tersebut. Sebaliknya, kamu harus mulai memperbanyak waktu belajar agar lebih fokus menghadapi ujian semester.

Supaya bisa fokus, tentunya kamu harus mengurangi aktivitas yang tidak begitu penting. Contohnya, dalam seminggu biasanya kamu main bersama teman-teman setiap pulang sekolah. Menjelang PTS, ada baiknya waktu bermain tersebut dilakukan saat libur sekolah saja dan diganti dengan aktivitas belajar di rumah.

Mengurangi aktivitas yang tidak begitu penting ini sebenarnya juga menjadi latihan untuk menentukan skala prioritas hidup kamu. Lewat cara ini, kamu bisa mengetahui hal-hal yang menjadi fokus utama untuk dikerjakan dan hal yang bisa dilakukan di lain waktu. Cara ini tentu berguna untuk menentukan ritme hidupmu kelak.

 

3) Jangan Memforsir Diri

Menjelang PTS, kamu tentu lebih fokus pada waktu belajar untuk persiapan ujian dong. Namun, bukan berarti kamu harus memaksakan diri dengan belajar berat setiap hari, ya. Memforsir diri tidak akan membuat kamu semakin mudah memahami materi pelajaran, yang ada kamu justru kelelahan dan stres. Maka dari itu, agar dapat mengerjakan ujian secara maksimal, kamu juga perlu beristirahat sesekali.

Kalau kamu merasa terlalu memforsir diri saat mengingat setiap detail materi pelajaran, maka jangan lakukan hal itu lagi. Cukup pahami konsep materi pelajaran secara keseluruhan dan bukan berusaha mengingat setiap detail. Apabila kamu hanya berusaha mengingat setiap detail materi pelajar, kamu akan melupakan bagian pentingnya, yaitu pemahaman konsep materi yang telah dipelajari.

 

4) Perbanyak Latihan Soal Penilaian Tengah Semester

Mempelajari konsep materi pelajaran bisa membantumu menjawab soal PTS secara mudah karena kamu telah paham setiap konsepnya. Sementara itu, memperbanyak latihan soal sebagai cara menghadapi UTS bisa membantumu mengukur seberapa paham kamu dengan materi yang telah dipelajari. Semakin banyak kamu latihan soal, maka kamu akan mengetahui banyak variasi soal sehingga lebih siap menghadapi berbagai tipe soal yang muncul saat PTS nanti.

 

Berikut ini Link download kumpulan Latihan Soal PTS UTS Kelas 4 SD Semester 2 (Genap) Kurikulum 2013 Tahun 2022-2023


Latihan Soal PTS UTS Bahasa Indonesia Kelas 4 SD MI Kurikulum 2013 Semester 2 (Genap) ---disini---

Latihan Soal PTS UTS Bahasa Jawa Kelas 4 SD MI Kurikulum 2013 Semester 2 (Genap) ---disini---

Latihan Soal PTS IPA Kelas 4 SD MI Kurikulum 2013 Semester 2 (Genap) ---disini---

Latihan Soal PTS UTS IPS Kelas 4 SD MI Kurikulum 2013 Semester 2 (Genap) ---disini---

Latihan Soal PTS UTS Matematika Kelas 4 SD MI Kurikulum 2013 Semester 2 (Genap) ---disini---

Latihan Soal PTS UTS PJOK – Penjas Orkes  Kelas 4 SD MI Kurikulum 2013 Semester 2 (Genap) ---disini---

Latihan Soal PTS UTS PPKn  Kelas 4 SD MI Kurikulum 2013 Semester 2 (Genap) ---disini---

Latihan Soal PTS UTS PAI BK (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) Kelas 4 SD MI Kurikulum 2013 Semester 2 (Genap) ---disini---

Latihan Soal PTS UTS Seni Budaya dan Prakraya (SBP - SBdP - SBK) Kelas 4 SD MI Kurikulum 2013 Semester 2 (Genap) ---disini---

 

Demikian informasi tentang Latihan Soal PTS UTS Kelas 4 SD Semester 2 (Genap) Kurikulum 2013 Tahun 2022-2023. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.



= Baca Juga =



*

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post