LATIHAN SOAL ANBK KELAS 11 SMA MA SMK MAK TAHUN 2024

Latihan Soal ANBK Kelas 11 SMA MA SMK MAK Tahun 2023-2024


Contoh Latihan Soal ANBK Kelas 11 SMA MA SMK MAK Tahun 2024-2025 beserta Kunci Jawabannya atau Pembahasannya. Ujian nasional (UN) telah diganti menjadi asesmen nasional (AN) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). AN nantinya dimulai pada 2021 atau menjadi AN 2021. Bagi siswa, tentu harus paham apa itu asesmen nasional. AN adalah asesmen yang dilakukan untuk pemetaan mutu pendidikan pada semua sekolah, madrasah, serta program kesetaraan jenjang dasar dan menengah. Baca juga: Seperti Ini Jenis soal dalam Asesmen Nasional (AN) tahun 2021. Di dalam asesmen nasional itu ada tiga instrument atau soal, yakni: 1. Asesmen kompetensi minimum 2. Survei karakter 3. Survei lingkungan belajar.


AKM atau asesmen kompetensi minimum merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua murid untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat. Terdapat dua kompetensi mendasar yang diukur AKM: 1) literasi membaca dan 2) literasi matematika (numerasi).

 

Contoh Latihan Soal ANBK Kelas 11 SMA MA SMK MAK Tahun 2024-2025 beserta Kunci Jawabannya atau Pembahasannya. Sebelumnya harus diketahui bahwa baik pada literasi membaca dan numerasi, kompetensi yang dinilai mencakup: keterampilan berpikir logis-sistematis keterampilan bernalar menggunakan konsep serta pengetahuan yang telah dipelajari keterampilan memilah serta mengolah informasi AKM menyajikan masalah-masalah dengan beragam konteks yang diharapkan mampu diselesaikan oleh murid menggunakan kompetensi literasi membaca dan numerasi yang dimilikinya. AKM dimaksudkan untuk mengukur kompetensi secara mendalam, tidak sekadar penguasaan konten.

 

Literasi membaca didefinisikan sebagai kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, dan merefleksikan berbagai jenis teks tertulis. Tentu untuk mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia, juga untuk dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat. Numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika. Tentu untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan bagi individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia. Jadi Asesmen kemampuan numerasi ditujukan untuk mengukur kemampuan siswa dalam hal numerasi. Siswa akan diuji untuk melihat kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika.

 

Apa saja soal yang diujikan dalam AKM atau Asesmen Kompetensi Minimum? Menurut berbagai sumber, komponen yang diujikan dalam Asesmen Kompetensi Minimum. Komponen tersebut menckaup Konten, Proses kognitif dan Konteks. Adapun yang dimaksud Konten mengandung pengertian bahwa Asesmen literasi membaca berdasaran konten akan menguji beragam teks berupa teks informasi dan teks fiksi. Untuk asesmen numerasi akan menguji bilangan, geometri dan pengukuran, data dan ketidakpastian, serta aljabar.

 

Proses kognitif mengandung makna bahwa dalam proses kognitif asesmen literasi membaca, siswa akan diukur kemampuan menemukan informasi, interpretasi dan integrasi teks, serta mengevaluasi dan refleksi isi dengan konteks di luar teks. Asesmen numerasi bakal menguji pemahaman konsep, penerapan konsep, serta penalaran masalah non rutin. Sedangkan yang dimaksud Konteks, mengandung makna bahwa asesmen literasi membaca dan numerasi akan menguji personal, sosial budaya, dan saintifik, pada komponen konteks.

 

Berbeda dengan UN, dalam Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) siswa akan mengerjakan 5 jenis soal. Soal-soal tersebut adalah:

·         Pilihan ganda: Siswa hanya bisa memilih satu jawaban benar

·         Pilihan ganda kompleks: Siswa bisa memilih lebih dari satu jawaban benar

·         Menjodohkan: Menarik garis dari dari satu titik ke titik lain yang merupakan pasangan soal dan jawaban.

·         Isian singkat: Siswa memberikan jawaban singkat yang merupakan jawaban pasti.

·         Uraian: Siswa menjawab dengan uraian tentang jawaban soal.

 

Soal dibuat berbasis komputer dan bersifat adaptif. Dengan begitu, siswa akan mendapatkan soal sesuai dengan kemampuannya. Jika dapat menjawab dengan benar, siswa akan mendapat soal yang lebih kompleks. Jika salah, siswa akan mendapat soal yang lebih sederhana.

 

Berikut ini Contoh Latihan Soal Asesmen Nasional (AN) Kelas 11 SMA MA SMK Tahun 2024-2025 beserta Kunci Jawabannya atau Pembahasannya, baik berupa Contoh Latihan Soal Asesmen Nasional (AN) Numerasi Siswa SMA MA SMK Tahun 2024-2025 maupaun Contoh Latihan Soal Asesmen Nasional (AN) Lietreasi Siswa SMA MA SMK Tahun 2024-2025.

 

Contoh Latihan Soal Asesmen Nasional (AN) Literasi Siswa SMA MA SMK Tahun 2024-2025 Bagian 1 https://bit.ly/3ssSWOS

Contoh Latihan Soal Asesmen Nasional (AN) Literasi Siswa SMA MA SMK Tahun 2024-2025 Bagian 2 https://bit.ly/2XLglNh

 

Contoh Latihan Soal Asesmen Nasional (AN) Numerasi Siswa SMA MA SMK Tahun 2024-2025 Bagian 1 https://bit.ly/3bLrgPl

Contoh Latihan Soal Asesmen Nasional (AN) Numerasi Siswa SMA MA SMK Tahun 2024-2025 Bagian 2 https://bit.ly/3ihPhPc

 

Demikian informasi tentang Contoh Latihan Soal ANBK Kelas 11 SMA MA SMK MAK Tahun 2024-2025 beserta Kunci Jawabannya atau Pembahasannya, baik berupa Contoh Latihan Soal Asesmen Nasional (AN) Numerasi Siswa SMA MA SMK Tahun 2024-2025 maupaun Contoh Latihan Soal Asesmen Nasional (AN) Lietreasi Siswa SMA MA SMK Tahun 2024-2025. Semoga ada manfaatnya.

 




= Baca Juga =



1 Comments

  1. Thank you for posting very useful information. Continue to work to help the general public become smarter. We wish you success and always in good health.

    ReplyDelete
Post a Comment
Previous Post Next Post