Soal Penilaian Sumatif Satuan Pendidikan Jenjang SMP Tahun 2024

Latihan Soal Penilaian Sumatif Satuan Pendidikan (PSSP) Jenjang SMP Tahun 2024


Latihan Soal Penilaian Sumatif Satuan Pendidikan (PSSP) Jenjang SMP Tahun 2024. Penilaian adalah suatu proses atau kegiatan untuk mencari dan menganalisa serta mengumpulkan berbagai data atau informasi secara berkesinambungan dan menyeluruh, mengenai proses dan hasil belajar yang telah dicapai oleh siswa melalui berbagai kegiatan belajar mengajar. Sedangkan penilaian sumatif adalahi sebuah penilaian yang bertujuan untuk menilai pencapaian tujuan pembelajaran dan/atau Capaian Pembelajaran (CP) murid, sebagai dasar penentuan kenaikan kelas dan/atau kelulusan dari satuan pendidikan. Penilaian pencapaian hasil belajar murid dilakukan dengan membandingkan pencapaian hasil belajar murid dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran.

 

Di sekolah, selain ada penilian sumatif juga terdapat penilaian formatif. Secara umum baik penilian sumatif berfungsi untuk mengetahui sejauh mana siswa menguasai suatu materi yang telah diberikan oleh guru dan melihat apakah tujuan kegiatan belajar telah dilaksanakan sesuai dengan kurikulum yang ada. Namun secara khusus proses penilaian dapat berfungsi: a) Memacu semangat belajar siswa ( motivasi ); b) Sebagai informasi bagi guru; c) Sebagai informasi bagi orang tua siswa; d) Sebagai umpan balik dalam mengadakan perbaikan dan pengayakan; e) Untuk penentuan nilai rapor; f) Untuk penentuan kenaikan kelas.

 

Penilaian Sumatif termasuk Penilaian Sumatif Satuan Pendidikan (PSSP) dilaksanakan dengan prinsip objektif, menyeluruh dan berkesinambungan. Suatu penilaian dikatakan obyektif apabila penilaian digunakan dapat menggambarkan dengan tepat keadaan sesungguhnya, dikatakan menyeluruh apabila penilaian yang digunakan mencakup seluruh proses maupun hasil belajar mengajar, serta dapat menggambarkan perubahan tingkah laku, dan dikatakan berkesinambungan apabila pelaksanaan penilaian dilakukan secara terus menerus.

 

Sebelum Admin membagikan Latihan Soal Penilaian Sumatif Satuan Pendidikan (PSSP) SMP dan Paket B Tahun 2024 Tahun Pelajaran 2023/2024, berikut informasi terkait bentuk instrumen asesmen/panilain sumatif. Pada umumnya panilaian/asesmen sumatif dilaksanakan dalam bentuk tes tertulis, yakni tes dengan soal dan jawaban yang disajikan secara tertulis, untuk mengukur atau memperoleh informasi tentang kemampuan murid. Tes tertulis dapat berbentuk esai, pilihan ganda, uraian, atau bentuk-bentuk tes tertulis lainnya.

 

Namun demikian selaian dalam bentuk tes tertulis, asesmen/panilain sumatif dapat dilakasanakan dalam bentuk: observasi, kinerja, projek, tes lisan, penugasan, dan portofolio. Adapun yang dimaksud Observasi adalah penilaian yang dilakukan secara berkesinambungan melalui pengamatan perilaku secara berkala. Observasi dapat difokuskan untuk semua murid maupun per individu. Observasi juga dapat dilakukan dalam tugas atau aktivitas rutin/harian. Penilaian Kinerja adalah Penilaian yang menuntut murid untuk mendemonstrasikan dan mengaplikasikan pengetahuannya ke dalam berbagai macam konteks sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Asesmen kinerja dapat berupa praktik, menghasilkan produk, melakukan projek, atau membuat portofolio. Penilaian Projek adalah kegiatan penilaian terhadap suatu tugas yang meliputi kegiatan perancangan, pelaksanaan, dan pelaporan, yang harus diselesaikan dalam periode/waktu tertentu. Tes lisan adalah pemberian soal/pertanyaan yang menuntut murid untuk menjawabnya secara lisan, dan dapat diberikan secara klasikal (dilakukan untuk seluruh kelas/kelompok besar) ketika pembelajaran. Penugasan adalah pemberian tugas kepada murid untuk mengukur pengetahuan, serta memfasilitasi murid memperoleh atau meningkatkan pengetahuan. Sedangkan portofolio adalah kumpulan dokumen hasil penilaian, penghargaan, dan karya murid dalam bidang tertentu, yang mencerminkan perkembangannya secara menyeluruh (holistis) dalam kurun waktu tertentu.

 

Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa Penilaian Sumatif Satuan Pendidikan (PSSP) adalah evaluasi pembelajaran yang di selenggarakan oleh tingkat satuan pendidikan dalam rangka mengukur ketercapaian dan keberhasilan standar kompetensi lulusan untuk semua mata pelajaran sebagai dasar penentuan kelulusan dari satuan pendidikan.

 

Untuk kegiatan Penilaian Sumatif Satuan Pendidikan (PSSP) jenjang SMP tahun pelajaran 2023/2024 dilaksanakan dimulai pada awal bulan Maret. Teknik asesmen yang digunakan dalam Penilaian Sumatif Satuan Pendidikan (PSSP) jenjang SMP SMPLB dan Paket B berupa tes tulis. Dalam pelaksanaan penilaian menggunakan metode daring/semi daring, artinya siswa tetap masuk sekolah namun tes dilakukan secara online menggunakan aplikasi khusus dengan alat bantu handphone atau laptop.

 

Pada umum peserta didik dinyatakan lulus dari satuan/program pendidikan setelah: a) menyelesaikan seluruh program pembelajaran; dan b)mengikuti penilaian sumatif yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan. Kelulusan peserta didik ditetapkan oleh satuan/program pendidikan. Peserta didik yang dinyatakan lulus dari satuan/program pendidikan diberikan ijazah pada akhir semester genap pada setiap akhir jenjang. Ketentuan mengenai tanggal kelulusan dan tata cara penulisan ijazah sesuai dengan Peraturan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan.

 

Berikut ini link download Kumpulan Latihan Soal Penilaian Sumatif Satuan Pendidikan (PSSP) SMP SMPLB dan Paket B Tahun 2024 Tahun Pelajaran 2023/2024, silahkan diakses apabila dibutuhkan dan apabila membantu silahkan dishare kepada yang lain.


Latihan Soal Penilaian Sumatif Satuan Pendidikan PSSP IPA SMP Tahun 2024 (DISINI)

Latihan Soal Penilaian Sumatif Satuan Pendidikan PSSP MATEMATIKA SMP Tahun 2024 (DISINI)

Latihan Soal Penilaian Sumatif Satuan Pendidikan PSSP Bahasa Indonesia Smp Tahun 2024 (DISINI)

Latihan Soal Penilaian Sumatif Satuan Pendidikan PSSP Bahasa Inggris SMP Tahun 2024 (DISINI)

Latihan Soal Penilaian Sumatif Satuan Pendidikan PSSP IPA SMP Tahun 2024 Versi 2 (BACA DISINI)

Latihan Soal Penilaian Sumatif Satuan Pendidikan PSSP Matematika SMP Tahun 2024 Versi 2 (Baca Disini)

Latihan Soal Penilaian Sumatif Satuan Pendidikan PSSP Bahasa Inggris SMP Tahun 2024 Versi 2 (Baca DISINI)

Latihan Soal Penilaian Sumatif Satuan Pendidikan PSSP Bahasa Indonesia SMP Tahun 2024 Versi 2 (Baca DISINI)

Soal Penilaian Sumatif Satuan Pendidikan Dan Kunci Jawaban PSSP Matematika SMP ---DISINI--

Soal Penilaian Sumatif Satuan Pendidikan Dan Kunci Jawaban PSSP IPA SMP 2024-2025 ---DISINI--

Soal Penilaian Sumatif Satuan Pendidikan Dan Kunci Jawaban PSSP Bahasa Indonesia SMP 2024-2025 ---DISINI--

Soal Penilaian Sumatif Satuan Pendidikan Dan Kunci Jawaban PSSP Bahasa Inggris SMP 2024-2025 ---DISINI--

Latihan Soal Penilaian Sumatif Satuan Pendidikan PSSP PAI SMP Tahun 2024 (Baca DISINI)

Latihan Soal Penilaian Sumatif Satuan Pendidikan PSSP PPKN (PKn) SMP Tahun 2024 (Baca DISINI)

Latihan Soal Penilaian Sumatif Satuan Pendidikan PSSP IPS Kurikulum 2013 SMP Tahun 2024 (Baca DISINI)

Latihan Soal Penilaian Sumatif Satuan Pendidikan PSSP PPKN (PKn) Kurikulum 2013 Smp Tahun 2024 (Baca DISINI)

Latihan Soal Penilaian Sumatif Satuan Pendidikan PSSP Bahasa Indonesia SMP - MTS Kurikulum 2013 Tahun 2024 (DISINI)

Latihan Soal Penilaian Sumatif Satuan Pendidikan PSSP Bahasa Indonesia SMP - MTS Tahun 2024-2025 (DISINI)

Latihan Soal Penilaian Sumatif Satuan Pendidikan PSSP IPA SMP - MTS Kurikulum 2013 Tahun 2024-2025 (DISINI)

Latihan Soal Penilaian Sumatif Satuan Pendidikan PSSP IPA SMP - MTS Tahun 2024-2015 (DISINI)

Latihan Soal Penilaian Sumatif Satuan Pendidikan PSSP Bahasa Inggris SMP - MTS Kurikulum 2013 Tahun 2024 (DISINI)

Latihan Soal Penilaian Sumatif Satuan Pendidikan PSSP Bahasa Inggris SMP - MTS Tahun 2024-2025 (DISINI)

Latihan Soal Penilaian Sumatif Satuan Pendidikan PSSP Matematika SMP - MTS Kurikulum 2013 Tahun 2024 (DISINI)

Latihan Soal Penilaian Sumatif Satuan Pendidikan PSSP Matematika SMP - MTS Tahun 2024 (DISINI)

Latihan Soal Penilaian Sumatif Satuan Pendidikan PSSP Pend. Pancasila PPKN SMP - MTS Kurikulum 2013 Tahun 2023 (DISINI)

Latihan Soal Penilaian Sumatif Satuan Pendidikan PSSP Pendidikan Pancasila PPKN SMP - MTS Tahun 2024 (DISINI)

Latihan Soal Penilaian Sumatif Satuan Pendidikan PSSP IPS SMP - MTS Kurikulum 2013 Tahun 2024 (DISINI)

Latihan Soal Penilaian Sumatif Satuan Pendidikan PSSP IPS SMP - MTS Kurikulum Merdeka Tahun 2024 (DISINI)

Latihan Soal Penilaian Sumatif Satuan Pendidikan PSSP Pendidikan Agama Islam (PAI) SMP - MTS Kurikulum 2013 Tahun 2024 (DISINI)

Latihan Soal Penilaian Sumatif Satuan Pendidikan PSSP Pendidikan Agama Islam (PAI) SMP - MTS Kurikulum Merdeka Tahun 2024 (DISINI)

Latihan Soal Penilaian Sumatif Satuan Pendidikan PSSP Penjaskes - Penjasorkes SMP - MTS Kurikulum 2013 Tahun 2024 (DISINI)

Latihan Soal Penilaian Sumatif Satuan Pendidikan PSSP Penjaskes - Penjasorkes SMP - MTS Kurikulum Merdeka Tahun 2024 (DISINI)

Latihan Soal Penilaian Sumatif Satuan Pendidikan PSSP Seni Budaya SMP - MTS Kurikulum 2013 Tahun 2024 (DISINI)

Latihan Soal Penilaian Sumatif Satuan Pendidikan PSSP Seni Budaya SMP - MTS Kurikulum Merdeka Tahun 2024 (DISINI)

Latihan Soal Penilaian Sumatif Satuan Pendidikan PSSP Prakarya SMP - MTS Kurikulum 2013 Tahun 2024 (DISINI)

Latihan Soal Penilaian Sumatif Satuan Pendidikan PSSP TIK SMP - MTS Kurikulum Merdeka Tahun 2024 (DISINI)

 

Demikian informasi tentang Latihan Soal Penilaian Sumatif Satuan Pendidikan (PSSP) SMP dan Paket B Tahun 2024 Tahun Pelajaran 2023/2024. Semoga ada manfaatnya.



= Baca Juga =


*

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post