Latihan Soal ASPD DI Yogyakarta SD MI Tahun 2024

Latihan Soal ASPD DI Yogyakarta SD MI Tahun 2024


Latihan Soal ASPD DI Yogyakarta SD MI Tahun 2024. Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah (ASPD) merupakan kegiatan pengukuran capaian kompetensi pada jenjang SD/MI/Paket-A/Ula dan pada jenjang SMP/MTS/Paket-B/Wustha pada mata pelajaran tertentu yang dilaksanakan pad lingkup daerah serta mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL). ASPD dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi yang akurat guna memperbaiki kualitas belajar mengajar yang nantinya akan meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil ASPD juga digunakan sebagai salah satu alat ukur seleksi siswa menunju jenjang pendidikan berikutnya.

 

ASPD tidak menggantikan peran Ujian Nasional (UN) dalam mengevaluasi peserta didik, namun sebagai sumber informasi untuk memetakan serta mengevaluasi mutu, sebagai lat untuk menghasilkan gambaran / potret yang lebih utuh mengenai kualitas belajar dan proses pembelajaran yang terjadi di sekolah. Laporan hasil ASPD nantinya akan menjadi umpan balik bagi sekolah dan dinas Pendidikan dalam proses evaluasi diri dan penyusunan rencana program.

 

Sebelum Admin berbagi Latihan Soal ASPD DI Yogyakarta SD MI Tahun 2023-2024, bahwa ASPD bukan merupakan penentu kelulusan. Namun ASPD dilakukan untuk pemetaan mutu pendidikan di DIY, ASPD bertujuan untuk mengetahui ketercapaian kurikulum yang berlaku, serta ASPD dapat menjadi salah satu bahan pertimbangan menuju jenjang pendidikan berikutnya

 

Peserta ASPD jenjang SD/MI/Paket-A/Ula adalah siswa SD (tingkat akhir atau kelas VI dengan sumber data dari DAPODIK), MI (tingkat akhir atau kelas VI dengan sumber data dari EMIS), Jenjang Paket-A / Ula (sumber dari DAPODIK atau EMIS)

 

Bagimana pelaksanaan ASPD berbasis Komputer? Dalam pelaksanaan ASPD berbasis Komputer jumlah peserta disesuaikan dengan kapasitas computer, besar ruang ujian atau laboratorium komputer dengan mengatur jarak minimal 1,5 m antar computer, setiap ruangan diawasi satu orang fasilitator yang berasal dari gugus atau kecamatan yang sama untuk mengurangi mobilitas personil. Jika fasilitas komputer tidak memenuhi standar protokol kesehatan, dapat diberlakukan sesi tambahan. sekolah mewajibkan seluruh peserta ASPD untuk langsung pulang ke rumah masing-masing jika sudah selesai mengerjakan dan melaporkan kepada wali kelas melalui WAG

 

Sedangkan ASPD berbasis kertas diperuntukkan bagi peserta yang berada dalam perawatan rumah sakit jika keadaan memungkinkan, peserta yang sedang menyelesaikan kasus hokum, peserta dengan keterbatasan penglihatan atau low vision yang tidak dapat diselesaikan dengan berbasis computer, peserta tuna netra yang tidak dapat menggunakan aplikasi pembaca layar atau screen reader dengan dibacakan huruf Braille. ASPD berbasis kertas waktu pelaksanaan pada sesi 2 ASPD-BK. Satuan pendidikan mengirimkan bahan ASPD_BKP berupa LJASPD, berita acara, daftar hadir, pakta integritas yang telah diisi kepada panitia ASPD pada hari yang sama.

 

Berikut Persiapan yang harus Satuan Pendidikan dalam rangka pelaksanaan ASPD, antara lain memeriksa kembali dan menyiapkan perangkat komputer, jaringan lokal serta jaringan internet yang akan digunakan dengan topolagi jaringan sama seperti saat ANBK, melakukan sosialisasi ASPD kepada seluruh komponen pada satuan pendidikan, mempersersiapkan data peserta tingkat akhir dengan mengunduh daftar peserta dari DAPODIK / EMIS, berkoordinasi dengan PLN serta penyedia layanan internet.

 

Apa perlu dilakukan Simulasi ASPD ? Sebelum ASPD dilakukan, maka akan dilakukan simulasi terlebih dahulu dengan tujuan : memperkenalkan sistem ASPD kepada proktor dan teknisi agar penanganan teknis pelaksanaan ASPD pada masing-masing satuan pendidikan berjalan lancer, memperkenalkan dan membiasakan tampilan layar ASPD kepada proktor, teknisi serta peserta didik, menguji beban server pada satuan pendidikan, menguji beban server penyelenggara kabupaten/ kota, ujicoba aplikasi di sistem operasi yang berbeda di satuan pendidikan. Adapun pelaksanaan simulasi dapat diatur sendiri oleh dinas pendidikan kabupaten/kota,

 

Adapun bagi anda yang membutuhkan Latihan Soal ASPD DI Yogyakarta SD MI Tahun 2023 - 2024. Berikut admin beberapa contoh soal latihan yang mudah-mudah bisa membantu persiapan peserta didik dalam pelaksanaan ASPD tahun 2023 ini.


Link Latihan Soal ASPD Bahasa Indonesia tau Literasi Membaca SD MI 2023-2024 https://bit.ly/3kaGiES


Link 2 Latihan Soal ASPD Bahasa Indonesia tau Literasi Membaca SD MI 2023-2024 https://bit.ly/3ScsXs8


Link Latihan Soal ASPD Matematika atau Literasi Numerasi SD MI 2023-2024 https://bit.ly/3lSHi0M


Link 2 Latihan Soal ASPD Matematika atau Literasi Numerasi SD MI 2023-2024 https://bit.ly/3YMgP3B


Link Latihan Soal ASPD IPA atau Literasi Sains SD MI 2023-2024 https://bit.ly/3Z1Mv4O


Link 2 Latihan Soal ASPD IPA atau Literasi Sains SD MI 2023-2024 https://bit.ly/3IiHCOd


Demikianlah informasi mengenai Latihan Soal ASPD DI Yogyakarta SD MI Tahun 2024. Semoga memberikan manfaat dan ASPD 2023-2024 berjalan lancar dan memberikan hasil yang baik bagi seluruh peserta didik untuk dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya yang dicita-citakan.

 



= Baca Juga =


*

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post