Latihan Soal AM MTs Tahun 2024 Tahun Pelajaran 2023-2024

Latihan Soal AM MTs Tahun 2024 Tahun Pelajaran 2023/2024


Latihan Soal AM MTs Tahun 2024 Tahun Pelajaran 2023/2024. Sekolah/Madrasah sebagai lembaga pendidikan formal dalam proses belajarnya tentunya ada tolak ukur penilaian atau evaluasi, begitu pula di Pondok Pesantren Darunnajah. Pesantren yang menggunakan sistem Tarbiyatul Mu’allimin Al-Islamiyah ini juga mengadakan evaluasi atau ujian bagi peserta didiknya.

 

Asesmen bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan level pengetahuan (kognitif), level sikap, dan level psikomotorik. Proses Asesmen yang dilakukan guru mulai dari ulangan harian, ujian mid semester, ujian semester, penugasan, penilaian afektif, penilaian praktik, penilaian diri, penilaian antarteman, dan penilaian portofolio akan berdampak positif bagi siswa baik secara langsung maupun tidak langsung.

 

Sebelum Anda membaca Latihan Soal AM MTS (Madrasah Tsanawiyah) Tahun 2024 Tahun Pelajaran 2023/2024. Perlu diketahui bahwa kegiatan asesmen pembelajaran di madrasah meliputi; 1) Asesmen formatif yaitu asesmen/penilaian yang dilakukan untuk melihat perkembangan dan kemajuan keberhasilan proses pembelajaran; 2) Asesmen sumatif yaitu asesmen/penilaian hasil belajar untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik. Asesmen sumatif dapat dilakukan pada akhir pembelaran dalam kurun waktu tertentu, semester dan/atau pada akhir jenjang pendidikan. Asemen sumatif yang dilakukan pada akhir jenjang pendidikan madrasah disebut Asesmen Madrasah (AM). Asesmen Madrasah adalah asesmen sumatif yang diselenggarakan pada akhir jenjang pendidikan madrasah untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik sesuai Standar Kompetensi Lulusan yang telah ditetapkan.

 

Pelaksanaan Asesmen atau Penilaian dapat dilakukan sebelum, pada saat, dan/atau setelah pembelajaran. Pengolahan hasil Asesmen/Penilaian dilakukan dengan menganalisis secara kuantitatif dan/atau kualitatif terhadap data hasil pelaksanaan Penilaian yang berupa angka dan/atau deskripsi. Sedangkan Pelaporan hasil Asesmen atau Penilaian dituangkan dalam bentuk laporan kemajuan belajar. Laporan kemajuan belajar berupa laporan hasil belajar yang disusun berdasarkan pengolahan hasil Penilaian. Laporan hasil belajar paling sedikit memuat informasi mengenai pencapaian hasil belajar Peserta Didik. Selain memuat informasi tersebut, laporan hasil belajar untuk pendidikan anak usia dini juga memuat informasi mengenai pertumbuhan dan perkembangan anak. Laporan hasil belajar tertuang dalam rapor atau bentuk laporan hasil Penilaian lainnya.

 

Lalu apa manfaat Asesmen Madrasah (AM) di MTS (Madrasah Tsanawiyah)? Berikut ini 7 manfaat asesmen madrasah bagi siswa yaitu: 1) Menghargai pentingnya waktu. Santri yang akan melaksanakan ujian harus mengetahui waktu kapan jadwal ujian akan dilaksanakan. Siswa harus meluangkan waktu untuk belajar malam, belajar kelompok, belajar di asrama, atau bahkan meminta waktu kepada gurunya untuk bimbel. Saat pelaksanaan ulangan jangan sampai terlambat datang ke kelas untuk ujian; 2) Memahami arti pentingnya belajar. Melalui ulangan, apabila siswa ingin memperoleh nilai baik maka harus belajar. Jika tidak belajar dapat dipastikan tidak naik kelas. Materi-materi yang dipelajari apabila keluar saat ulangan akan menjadi kebahagiaan tersendiri bagi santri dan ada rasa bangga bahwa mendapatkan nilai tinggi dan tidak harus mengulang kelas. Dengan demikian akan memahami secara mendalam pentingnya belajar; 3) Melatih kejujuran, ujian melatih kejujuran pada siswa, saat ulangan siswa harus mengerjakan sendiri soal-soal dari hasil belajar yang sudah dilakukan. Apabila sudah terbiasa dapat diterapkan pada kehidupannya yang lain; 4) Menghargai hasil usaha, apapun hasil ujiannya maka ia harus menerimanya. Nilai rendah atau tinggi itu merupakan hasil usaha setelah belajar; 5) Semangat juang, melalui ujian santri dituntut memiliki semangat juang yang gigih untuk hasil belajar maksimal. Ikhtiar maksimal hasilnya mendekati akan harapan; 6) Untuk memotivasi diri. Diadakannya suatu ulangan adalah sebagai motivasi diri bagi masing-masing pelajar untuk lebih meningkatkan prestasinya. Semua individu pasti ingin lulus ujian dan bahkan ingin mempunyai nilai yang bagus, tapi untuk memperoleh itu semua tidaklah semudah kita hanya menghayal atau bermimpi saja. Tetapi bukan berarti pula prosesnya juga sulit untuk mencapainya. Jika kita ingin hasil yang bagus maka kita juga harus melakukannya dengan cara yang bagus pula, jangan melakukannya dengan cara setengah hati apalagi dengan cara yang curang; 7) Dapat mendekatkan diri pada Allah. Pada umumnya terkadang ketika seorang pelajar saat mendengar akan dilaksanakan ulangan pasti salah satu jurusnya untuk berhasil dalam ujian adalah lebih mendekatkan diri kepada yang Kuasa. Pada saat detik-detik menjelang ujian pasti akan begitu khusyuknya beribadah dan berdoa agar diberikan kemudahan dalam menjawab soal-soal ujian. Alangkah indahnya jikalau melakukan ibadah itu bukan hanya saat menjelang ujian saja, melainkan setiap saat yaitu sehari lima kali pasti dijamin segala urusannya dalam belajar dan mengikuti ujian akan diberikan kemudahan juga kelancaran dari Allah.

 

Untuk Anda yang membutuhkan Latihan Soal AM MTS (Madrasah Tsanawiyah) Tahun 2024 Tahun Pelajaran 2023/2024, berikut disajikan kumpulan latihan soal sebagaimana dimaksud. 


Latihan Soal Asesmen Madrasah (AM) AL QURAN HADITS MTS Tahun 2024 (DISINI)

Latihan Soal Asesmen Madrasah (AM) Akidah Akhlak MTS Tahun 2024 (DISINI)

Latihan Soal Asesmen Madrasah (AM) SKI MTS Tahun 2024 (DISINI)

Latihan Soal Asesmen Madrasah (AM) Fikih MTS Tahun 2024 (DISINI)

Latihan Soal Asesmen Madrasah (AM) Bahasa Arab MTS Tahun 2024 (DISINI)

Latihan Soal Asesmen Madrasah (AM) Bahasa Indonesia MTS Tahun 2024 (DISINI)

Latihan Soal Asesmen Madrasah (AM) Bahasa Inggris MTS Tahun 2024 (DISINI)

Latihan Soal Asesmen Madrasah (AM) Matematika MTS Tahun 2024 (DISINI)

Latihan Soal Asesmen Madrasah (AM) IPS MTS Tahun 2024 (DISINI)

Latihan Soal Asesmen Madrasah (AM) IPA MTS Tahun 2024 (DISINI)

Latihan Soal Asesmen Madrasah (AM) PPKn MTS Tahun 2024 (DISINI)

Latihan Soal Asesmen Madrasah (AM) Penjas ORKES MTS Tahun 2024 (DISINI)

Latihan Soal Asesmen Madrasah (AM) Prakaya MTS Tahun 2024 (DISINI)

Latihan Soal Asesmen Madrasah (AM) Seni Budaya MTS Tahun 2024 (DISINI)

Latihan Soal Asesmen Madrasah (AM) Informatika MTS Tahun 2024 (DISINI)


Demikian informasi tentang Latihan Soal AM (Asesmen Madrasah) MTS Tahun 2024 Tahun Pelajaran 2023/2024. Semoga ada manfaatnya.



= Baca Juga =


*

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post