PERMENPAN NOMOR 89 TAHUN 2020 TENTANG PENYELENGGARAAN JARINGAN INOVASI PELAYANAN PUBLIK

 

Permenpan Nomor 89 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Jaringan Inovasi Pelayanan Publik

Permenpan Nomor 89 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Jaringan Inovasi Pelayanan Publik, diterbitkan dengan pertimbangan: 1) bahwa pelaksanaan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik telah menghasilkan sejumlah inovasi pelayanan publik yang harus disebarluaskan agar dapat dijadikan rujukan informasi secara nasional mengenai praktik baik dalam penyelenggaraan pelayanan publik; 2) bahwa diperlukan adanya peraturan perundang-undangan yang mengatur mengenai jaringan yang menjadi simpul kerjasama secara nasional yang menghubungkan serta mensinergikan instansi pemerintah pusat dan daerah, perguruan tinggi, lembaga swadaya masyarakat, swasta, dan lembaga mitra pembangunan yang mempunyai minat yang sama dalam pengembangan inovasi pelayanan publik.

 

Berdasarkan Permenpan RB Nomor 89 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Jaringan Inovasi Pelayanan Publik, yang dimaksud Inovasi Pelayanan Publik yang selanjutnya disebut inovasi adalah terobosan jenis pelayanan publik baik yang merupakan gagasan/ide kreatif orisinal dan/atau adaptasi/modifikasi yang memberikan manfaat bagi masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung.


Dalam Peraturan Menpan RB atau Permenpan RB Nomor 89 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan JIPP (Jaringan Inovasi Pelayanan Publik) dinyatakan bahwa Ketentuan lebih lanjut mengenai pengaturan teknis penyelenggaraan Jaringan Inovasi Pelayanan Publik (JIPP) di Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah diatur dalam Peraturan Menteri, Peraturan Kepala Lembaga dan Peraturan Kepala Daerah.

 

Penyelenggaraan Jaringan Inovasi Pelayanan Publik (JIPP) sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 dilaksanakan berdasarkan Pedoman Penyelenggaraan Jaringan Inovasi Pelayanan Publik. Pedoman Penyelenggaraan Jaringan Inovasi Pelayanan Publik (JIPP) ini meliputi :

a. struktur JIPP;

b. ruang lingkup kegiatan JIPP

c. web JIPP;

d. mekanisme kerja JIPP; dan

e. evaluasi JIPP.


Link download Permenpan RB Nomor 89 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Jaringan Inovasi Pelayanan Publik 

 

Demikian informasi tentang Permenpan RB Nomor 89 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Jaringan Inovasi Pelayanan Publik. Semoga ada manfaatnya, terima kasih. 



EDY MARSONO

Saya blogger dan sangat senang berbagi informasi

*

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post